100 Lemparan Koin: Simulasi

Kenapa ya

Cerita Tentang Data

Jika kamu melempar koin seimbang 100 kali, berapa rata-rata selisih kemunculan sisi muka dan belakang? (Selisih yang dimaksud adalah nilai mutlak.)

Ketika diberikan pertanyaan kuis pertama kali oleh Bang Wibi, jawaban saya mungkin sama dengan kebanyakan dari para pembaca: ~0. Simpel saja alasannya toh? Kalau probabilitas munculnya muka dan belakang sama-sama 0,5, berarti kita bisa berharap bahwa selisihnya akan kecil sekali sehingga mendekati 0. Namun, kelihatannya jawaban tersebut tidak tepat, karena kalau terlalu mudah seperti itu, mengapa harus dibuat sebagai kuis?

Akhirnya, saya terpikir untuk membuat sebuah program simulasi. Perlu dibuat program yang dapat melakukan x kali simulasi untuk 100 lemparan koin sehingga bisa dihasilkan rata-ratanya. Bagusnya lagi, dengan begini kita juga bisa mendekati untuk n lemparan koin.

Sudah terbayang kira-kira programnya akan seperti apa?

Tenang saja. Bagi para pembaca yang lebih matematis, setelah artikel ini, akan disampaikan juga cara matematis untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan begitu, kita juga bisa…

View original post 297 more words

Published by

aisyahdz

iOS Engineer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s