Ingatan dalam Lagu part 1

Benda atau wangi sesuatu bisa membangkitkan ingatan. Saat di Bandung seminggu kemarin, banyak hal yang tiba-tiba saya ingat. Kamar yang biasanya saya tempati, buku-buku lama yang saya simpan di rumah nenek, halaman rumah, foto, bau udara pagi, borma, angkot pink dan bahkan kamar mandi dan airnya yang mengingatkan betapa bahagianya lebaran saya dulu waktu kecil mandi pagi-pagi membayangkan memakai baju baru wkwkkw.

Tidak hanya benda atau wangi sesuatu, lagu juga dapat membangkitkan ingatan tentang sesuatu. Penjelasannya bisa dibaca di Music-Memory Connection Found in Brain atau Why Do the Songs from Your Past Evoke Such Vivid Memories?. Karena saya tipe yang cukup sering ganti ganti playlist, jadi setiap lagu seperti punya informasi temporal. Di tulisan ini, dan mungkin di tulisan tulisan berikutnya akan saya berikan contoh lagu yang kebetulan saya sedang ingat apa yang saya pikirkan saat itu.

Adera – Terlambat

Kalau lagu ini sebenarnya menceritakan tentang seseorang yang ingin menyatakan perasaannya kepada orang yang disukainya, namun orang lain sudah mendahuluinya sehingga dia merasa terlambat. Bukan hal itu yang saya merasa relate dengan lagu ini.

Pengalaman pahit yang kujadikan pelajaran
Dalam hidup yang tak akan terlupakan (terlupakan)
Oh, jangan menunda sesuatu untuk dikerjakan
Jangan tunda, jangan tunda

Bagian lagu itulah yang mengingatkan saya dengan tugas akhir saya yang sering saya tunda 😥 . Saat mengerjakan skripsi saya ulang lagu itu terus agar di masa depan saya tidak mengulanginya lagi, namun tetap saja diulangi sih, wkwk. Setiap mendengar lagu itu, jadi mengingatkan saya dengan penyesalan penyesalan menunda mengerjakan TA.

Cukup sudah kesalahan kali ini
Jangan sampai semua terulang kembali
Keraguan dalam hatiku harus kubuang jauh
Bila ingin mendapatkan yang terbaik

Intinya jangan ragu. Yakin dan kerjakan saja, wkwk.

Adera – Catatan Kecil

Masih dengan penyanyi yang sama dan rentang waktu yang sama, yaitu saat-saat belum lulus dan masih mengerjakan skripsi. Saat melihat teman-teman yang lain sudah sukses dan di dalam hati ini merasa sedikit putus asa. Saat mendengar lagu ini, entah mengapa langsung menangis saat itu *memang saya mudah terharu sih wkwk* dan mulai semangat lagi. Berikut lirik yang paling mengena:

Bila dunia membuatmu kecewa
Karena semua cita-citamu tertunda
Percayalah segalanya telah diatur semesta
Agar kita mendapatkan yang terindah

Ya, saya jadi ingat lagi, kalau semuanya telah diatur oleh Allah SWT. Saya yakin kalau fase tersebut harus dilewati agar saya menjadi lebih kuat dan fase berikutnya menjadi lebih indah.

Impianmu terbangkanlah tinggi
Tapi selalu pijakkan kaki di bumi
Senyumlah kembali, bahagiakan hari ini
Buatlah hatimu bersinar lagi

Lirik yang ini mengingatkan saya untuk tetap semangat bermimpi, dan setiap mendengar ‘senyumlah kembali’ saya langsung tersenyum dalam hati *bahaya juga kalau dengar ini di angkutan umum tiba tiba senyum senyum sendiri XD*

Lirik ini juga bagus:

Bila ingin lebih damai di dunia
Berbagilah bahagia yang telah kau punya
Kini hatimu terasa semua lebih sempurna
Karena kau hidup dengan seutuhnya

Semua lirik aja dibilang bagus, wkwk. Tapi memang ini salah satu lagu kesukaan saya kalau lagi kecewa dan sedih, hoho.

Letto – Lubang di Dalam Hati

Kalau ini salah satu lagu kesukaan saat SMA. Dulu memang suka lagu-lagu dari Letto sampai di hayati maknanya. Ternyata lagunya itu banyak implisit interaksi ke Tuhan, bukan hanya cinta ke sesama manusia.

Ku buka mata dan ku lihat dunia
‘tlah ku terima anugerah cinta-Nya
Tak pernah aku menyesali yang ku punya
Tapi ku sadari ada lubang dalam hati
Ku cari sesuatu yang mampu mengisi lubang ini
Ku menanti jawaban apa yang dikatakan oleh hati
Apakah itu kamu apakah itu Dia?
Selama ini ku cari tanpa henti
Apakah itu cinta apakah itu cita?
Yang mampu melengkapi lubang di dalam hati

Kalau saya sih menangkapnya ini adalah sebuah pertanyaan dari kekosongan dalam hati, apakah seseorang atau Tuhan yang perlu kita cari. Apakah cinta yang bisa mengisinya ataukah cita-cita? hoho. Waktu itu sih saya memikirkan untuk mengisinya dengan cita-cita dahulu, namanya juga masih SMA.

Segitu dulu tembang kenangannya. Mungkin dilanjut lagi kalau ada yang menarik lagi hoho.

Terimakasih sudah membaca XD

Published by

aisyahdz

iOS Engineer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s