Peduli Dengan Kulit

Saya memiliki kulit berwarna sawo matang, seperti masyarakat Indonesia pada umumnya. Waktu masih kecil, saya tidak tahu nama warna kulit sawo matang itu apa, karena kulit saya lebih gelap dibanding adik saya, jadi saya pikir kulit saya warnanya namanya hitam. Saya dulu sempat iri dengan adik saya yang terlahir (lebih) putih. Namanya juga masih kecil, masih labil. Kalau besar, lebar , haha pun intended. Ibu saya bilang saya terlahir dengan warna gelap dan di masa kehamilan yang tua, jadi ibuku bilang saya itu bayi tua *wkwk*, namun banyak perawat yang senang menggendong saya karena saya tidak rewel kalau digendong orang lain. Saat balita pun saya mau saja, tidak takut dan tidak menangis kalau dibawa orang lain ke mana-mana tanpa orang tua. Sepertinya saya sudah sosialis dari lahir. Eh kok jadi OOT dari masalah kulit.

Saya tinggal di Jakarta saat kecil dan kemudian pindah ke Bojonggede saat umur 7 tahun. Saat sudah bertahun-tahun tinggal di Bojong, tetangga saya bilang saya hitaman. Kontan saya kaget, kulitnya kan sudah hitam dari lahir berarti sekarang lebih hitam lagi dong wkwk. Wajar sih, soalnya saya memang bersekolah lebih banyak siang hari, dan saya selalu jalan kaki lebih dari 1km siang-siang tanpa menggunakan sun block bahkan mungkin pulangnya cuci muka dengan sabun pencuci wajah pun tidak. Ya pasti dekil lah wkwk. Ibu saya sepertinya tahu saya sempat sedih dengan kulit saya yang gelap dan iri dengan kulit adik saya, jadi ibuku sering bilang kalau orang yang hitam itu manis sambil bernyanyi lagu Emilia Contessa yang berjudul Hitam Manis. Bagian lirik yang sering dinyanyikan oleh Ibuku:

Hitam manis…  Hitam manis

Yang hitam manis

Pandang Tak jemu.. Pandang tak jemu..

Yang hitam manis.. Pandang tak jemu

Lirik itulah yang sering diulang-ulang. Kalau bapak saya beda lagi lagunya. Lagu Rita Sugiarto yang judulnya Hitam. Begini penggalan lirik yang sering dinyanyikan:

Hitam.. Orangnya hitam..

Entah mengapa sebabnya

Warna hitam aku suka

Hingga benda yang ku punya

Banyak yang hitam warnanya…

Ya begitulah, lagunya dangdut semua hihihi. Saya baru sadar orang tua saya berusaha keras menghibur saya walaupun saat itu saya tidak merasa terhibur XD. Selain menyanyikan lagu, ibu saya selalu bilang ke saya kalau orang yang kulitnya hitam itu jarang jerawatan. Ibu saya membandingkan kulitnya dengan kulit bapak saya. Kulit ibu saya itu putih, namun rentan jerawatan. Kulit bapak saya (lebih) gelap, dan tidak pernah terlihat berjerawat. Namun saya menyadari ada case yang lain karena om saya tidak kalah gelap kulitny namun jerawatan juga dulunya. Ibu saya pun menambahkan kalau itu karena dulu beliau kurang rajin ibadah,  kalau ibadahnya rajin kan cuci muka minimal 5 kali sehari, jadi ibu saya menasihati saya untuk rajin ibadah. Saya sih percaya saja, kan nasihatnya benar juga harus rajin ibadah. Sekarang saya sudah tahu mengapa kulit orang berjerawat itu karena hormon dan kondisi kulit orang berbeda-beda bukan karena faktor kegelapan kulit XD.

Sekarang sih saya sudah tidak mempermasalahkan warna kulit, yang penting tidak dekil. Setelah banyak membaca dan memerhatikan orang, saya percaya kalau orang yang kulitnya bagus itu karena rajin merawat kulit. Merawat kulit itu tidak harus ke salon dan spa yang mahal, pakai produk yang terjangkau dengan dompet kita saja, yang penting itu rutin dan konsisten memakainya. Memang sih tidak semua produk langsung cocok dengan kulit. Ada trial and error. Saya sarankan untuk mencoba sample dulu sebelum membeli ukuran besar. Kalau tidak ada, coba cari teman yang punya, wkwk. Alhamdulillah saya kebetulan sudah cocok dengan salah satu merek, jadi saya beli produk dengan merek yang sama semua. Saya sih merasa lebih bersih dibanding waktu kuliah dulu XD. Ya memang dulu tidak ada budgetnya sih, walau tetap mencuci muka.

Published by

aisyahdz

iOS Engineer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s