Start Over

Saat sesi 1on1 bersama senior saya di kantor, saya ditanya oleh senior saya, kurang lebih seperti ini:

Apa terdapat kesulitan dalam memelajari iOS?

Saya langsung ceritakan saja kesulitan saya dalam mendisiplinkan diri ini untuk belajar. Sebenarnya dari kantor sudah memberikan daftar bacaan yang harus dibaca, bahkan tugas yang harus dikerjakan. Dengan banyaknya waktu yang saya miliki, saya belum bisa menyelesaikan semuanya. Saya memiliki banyak learning debt. Saya sadar, saya harus menemukan metode lain untuk belajar, mengejar ketertinggalan saya. Saya perlu belajar dasar software engineering juga, walau pernah dipelajari saat kuliah, tapi sudah banyak yang terlupa. Jadi, saya perlu fokus belajar dua hal: Software Engineering dan iOS Development.

Senior saya kemudian memberitahu saya referensi belajar seseorang yang mungkin bisa saya tiru. Dia memperkenalkan saya dengan John Washam. Memperkenalkan di sini bukan berarti mengenalkan secara langsung ya, wkwk. Sisi menariknya adalah John Washam ini adalah lulusan Ekonomi sebenarnya, tapi dia tertarik untuk bekerja secara profesional di bidang programming, selama 15 tahun dia berprofesi sebagai Web Developer dan memiliki start up sendiri. Namun dia memiliki keinginan yang besar untuk bekerja di Google, dia sadar untuk bekerja di Google perlu pengetahuan Computer Science yang kuat, sehingga dia perlu belajar algoritma dan struktur data, arsitektur komputer, dan hal-hal lain yang dipelajari oleh lulusan Computer Science. Dia memelajari semua hal yang diperlukan dan yang mungkin akan dibutuhkan saat interview selama 8 bulan. Dia menuliskan apa saja yang dia pelajari di github dia: Coding Interview University (di sana dia juga menuliskan referensi) dan strategi dia belajar: Retaining Computer Science Language.

Yang saya pelajari dari dia, dia tidak belajar hanya dari membaca referensi dan mengimplementasi. Untuk setiap topik dia mereview topik tersebut berulang-ulang. Dia juga membuat flash card untuk mereview. Dia tidak membuatnya menggunakan kertas, tapi secara digital dalam bentuk situs. Kuncinya adalah mempelajari suatu topik tidak hanya dalam satu waktu, tapi secara interval diulang lagi menggunakan referensi yang lain, dan mengingatnya menggunakan flash card yang telah dibuat. Istilahnya sih Spaced Repetition.

Rencana untuk saya sendiri saya akan menggunakan daftar referensi yang dibuat oleh John Washam sebagai bahan belajar saya untuk mengejar dasar Software Engineering dan sebagai pengganti flash card site, saya akan menulisnya di blog saya ini, agar saya berlatih menjelaskannya kembali. Untuk mengejar iOS development saya akan membaca reading list yang diberikan dan melanjutkan mengerjakan tugas. Untuk membagi waktunya, senior saya menyarankan untuk membagi waktu seperti sistem SKS. Jadi anggap saja saya sedang mengambil 3 SKS Computer Science dan 3 SKS iOS Development. Saya harus meluangkan waktu 6 jam seminggu, untuk membaca, mengimplementasi dan menulis kembali.

Oh iya ada bacaan yang bagus juga saat saya membaca github John Washam: Believe You Can Change. Intinya, kita semua bisa berubah menjadi lebih baik, yang penting kita punya Growth Mindset. Cukup menjawab kegalauan saya yang ragu apakah saya bisa sukses di iOS ini.

Everything came through effort and that the world was full of interesting challenges that could help you learn and grow – Carol Dweck

Published by

aisyahdz

iOS Engineer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s