Medical Check Up di Rumah Sakit Jakarta

Mulai tahun ini asuransi kantor meng-cover biaya medical check-up (MCU) tanpa harus rujukan dokter dengan memotong limit outpatient. Dikarenakan limit ter-reset setiap awal tahun, rasanya sayang sekali kalau tidak dipakai untuk MCU, wkwk. Jadilah, sebelum tahun 2019 ini berakhir, saya dan teman saya (sebut saja Mba Wid) segera mencari rumah sakit yang menerima asuransi kantor dan terdekat dari kosan. Mba Wid sebelumnya sudah mencoba mendaftar di Rumah Sakit Siloam Semanggi, namun ternyata sudah penuh hingga akhir tahun. Kemudian dia mencoba menelepon Rumah Sakit Jakarta, tetapi tidak diangkat-angkat. Mba Wid pun mengajak saya untuk datang langsung ke Rumah Sakit Jakarta pada hari Jumat (27 Desember) untuk mendaftar terlebih dahulu, niatnya sih untuk MCU pada hari Sabtu agar tidak perlu cuti seharian, namun karena paket MCU yang kami pilih tidak tersedia di hari Sabtu, kami pun memilih hari Senin dan mengambil cuti sehari.

Di Rumah Sakit Jakarta ada beberapa paket MCU yang bisa diambil, bisa dilihat di link ini. Kami memilih paket Executive Plus karena tesnya lebih lengkap, pemeriksaan darah lengkap, cek tumor, dan Alhamdulillah masih bisa di-cover dari kantor. MCU mengcover papsmear juga untuk mendeteksi kanker serviks, tapi kami belum bisa karena harus aktif secara seksual terlebih dahulu. Oh iya, sebelum melakukan MCU kami perlu puasa (tapi boleh minum air putih) minimal 10 jam.

Saat hari-H, saya tepar dan sudah berencana tidak jadi melakukan MCU. Malam sebelumnya saya sakit kepala berat dan saya berencana untuk istirahat saja karena besoknya mau ke luar kota. Saya pun mengirim pesan ke Mba Wid dan kemudian tidur lagi , wkwkwk. Untung saja teman saya ini tidak pantang menyerah untuk mengajak saya melakukan MCU. Dia menghubungi saya di berbagai macam kanal komunikasi seperti telegram, instagram, telepon karena saya tidak dapat dihubungi. Saya lupa menyalakan nada hp wkwk. Dia bilang kalau istirahat bisa nanti malam saja, dan MCU ini penting untuk resolusi tahun depan, wkwk. Resolusi sehat dan ramping 2020 wkwk. MCU seharusnya dimulai pada pukul 8, namun saya datang pukul 9.30. Alhamdulillah masih bisa mendaftar hingga pukul 10.00.

Apa saja sih tahapan MCU?

IMG_5480_2

Pendaftaran

Saat datang ke area MCU di lantai 2, saya diberikan formulir mengenai riwayat kesehatan. Setelah itu, saya mengurus administrasi seperti mengecek sisa limit asuransi dan juga persetujuan untuk melakukan MCU. Setelah itu, saya diminta menunggu di dalam area MCU. Karena saya terlambat, jadi saya sudah di antrian paling belakang, wkwk.

Ganti Baju

Sebelum melakukan berbagai macam pemeriksaan, saya perlu mengganti baju terlebih dahulu dengan baju seperti kimono berwarna biru. Di sana terdapat ruang ganti wanita dan pria yang terpisah. Saya juga diberikan kunci loker untuk menyimpan barang-barang. Selain baju, saya juga mengganti sepatu dengan sandal yang telah disediakan.  Sandalnya bagus loh, sandal Ando, wkwkk. Setelah itu, saya menunggu di ruang tengah kembali bersama pasien lainnya.

Pemeriksaan Antropometri

Kalau dilihat namanya, seperti tes yang cukup asing ya. Pemeriksaan antropometri ini mencakup pemeriksaan tensi darah, berat badan, dan tinggi badan. Hasilnya cukup mengejutkan, tekanan darah saya sangat rendah dan tinggi badan saya ternyata lebih tinggi dari yang saya tahu selama ini XD. Memang sih , terakhir saya mengukur tinggi badan dengan alat resmi itu saat SMA, tapi kan tidak mungkin tumbuh lagi biasanya, wkwk. Lumayan juga bedanya 4cm, sangat mempengaruhi perhitungan BMI. Untuk berat badan, karena ada timbangan di kosan, jadi tidak terlalu kaget, wkwk.

Pemeriksaan Laboratorium Pertama

Selanjutnya saya dipanggil ke bagian laboratorium untuk diambil darahnya. Susternya cukup sulit untuk mengambil titik pengambilan darah. Dari lengan kiri kemudian pindah ke lengan kanan. Alhamdulillah akhirnya ketemu juga, dan darah yang diambil bisa sampai 3 tabung kecil. Setelah itu dilakukan pengambilan sampel urin. Setelah selesai, saya menunggu lagi di ruang tunggu untuk dipanggil. Oh iya, di sana ada dua televisi yang menyiarkan siaran yang berbeda. Satu televisi menyiarkan TV kabel, kalau tadi ada film Lord of the Rings: The Return of King yang untungnya belum saya tonton. Satu tv lagi menyiarkan tv nasional, yang saat itu menyiarkan update kehidupan selebriti: Nikita Mirzani. Sungguh pengertian sekali RS ini, menyediakan dua macam tontonan, wkwk.

Makan Pagi

Alhamdulillah akhirnya makan jugaaaaaa!  Setelah belasan jam tidak makan. Berikut menu sarapan yang disediakan:

IMG_5483

Cek Dokter Penyakit Dalam

Pemeriksaan meliputi pemeriksaan pernapasan dengan stetoskop, dan juga pengecekan kondisi tubuh apakah ada kelainan di usus, liver, dan juga bagian organ dalam lainnya. Dokternya sangat lucu, dan ternyata murid dari dokter onkologi yang biasanya saya kunjungi. Saya malah diminta tolong untuk titip salam XD.

EKG dan Mendengar Suara Jantung

Saya dipasang alat elektrokardiogram. Seperti ada beberapa tempelan yang dipasang di badan. Tujuannya untuk mengukur aktifitas kelistrikan jantung.  Setelah itu dokter mendengarkan irama jantung dengan menggunakan stetoskop.

Periksa Dokter Kandungan

Nah, dokternya pun bingung sebenarnya harus mengecek apa karena tidak ikut test papsmear. Akhirnya konsultasi saja mengenai siklus haid dan juga diberikan nasihat untuk vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks.

Radiologi

Tes ini meliputi rontgen thorax. Seharusnya ada USG abdomen juga, tapi karena tidak ada dokter perempuan jadi dilanjutkan di tahun depan.

Spirometri

Tes ini untuk mengecek fungsi paru-paru dan diagnosis kondisi paru-paru. Alatnya baru pertama kali saya melihatnya. Jadi, ada semacam corong yang terhubung dengan mesin pengukurnya. Saya perlu menghisap sekencang-kencangnya melalui mulut dan kemudian menghembuskan kembali sekencang-kencangnya. Saya perlu mengulanginya beberapa kali karena tidak memenuhi syarat  wkwkwk. Alatnya seperti ini:

Image result for spirometer"
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Spirometer

Pemeriksaan Laboratorium 2

Pemeriksaan kedua ini untuk mengecek kadar gula darah (yang biasanya ditusuk di jari itu) dan juga pengecekan urin kedua kalinya.

Treadmill Test

Tes ini dilakukan untuk mengecek apakah ada kelainan atau penyakit dijantung dengan mengecek irama dan respon jantung kita saat diberikan variasi olahraga (berjalan di treadmill dengan berbagai variasi kecepatan). Sebelumnya saya dipasangkan alat pengecek irama jantung (saya tidak tahu namanya). Kurang lebih dipasang seperti ini:

Image result for treadmill test"
Sumber: https://www.sata.com.sg/our-services/diagnostic-services-medical-imaging/treadmill-stress-test/

Audiometri

Tes ini untuk menguji seberapa peka pendengaran kita terhadap suara. Saya dimasukkan ke dalam suatu kotak kedap suara dan di dalamnya ada headset dan juga ada sebuah tombol. Jadi, operator akan mengatur frekuensi suara yang akan terdengar melalui headset yang kita pakai. Jika kita mendengar suara, kita memberi tahu dengan memencet tombol. Suaranya ada yang sangat kecil, tapi tidak ada yang terlalu keras hingga mengganggu telinga, atau karena saya saja ya yang tidak peka? wkwkwk.

Makan Siang

Akhirnya makan siang jugaaaa! wkwk. Alhamdulillah menurut saya makanannya enak, atau memang karena sedang lapar? wkwk.

IMG_5498

Cek Mata

Pemeriksaan mata ini meliputi cek kondisi mata (seperti kondisi bola mata), tingkat kerabunan mata (Alhamdulillah minus saya masih sama XD), dan juga cek tonometri (buta warna).

Ada beberapa tes lagi yang belum dilakukan seperti USG Payudara dan dokter THT karena dokter perempuan yang sedang cuti di hari itu. Pemeriksaan akan dilanjutkan setelah tahun baru.

Semoga hasilnya semua baik! Aamiin

Published by

aisyahdz

iOS Engineer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s