Meluruskan Niat

Seperti tahun sebelumnya, saya membeli planner book untuk tahun 2020. Yang menarik dari planner ini, dia sudah ada format apa saja yang harus saya rencanakan, seperti perencanaan keuangan, daftar impian, sifat baik yang ingin dikembangkan, sifat buruk yang ingin dihilangkan, dan target-target ibadah harian. Saat membuka halaman pertama buku tersebut, tertulis hadits:

“Innamal a’malu bin niyat” – H.R Bukhari dan Muslim

Atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah “Sesungguhnya amal itu tergantung pada niat”. Berdasarkan artikel yang saya baca di internet (muslim.or.id dan Radio Rodja),  niat itu adalah pembeda satu amal dengan amal yang lain, dan juga untuk menentukan untuk siapa amal itu kita lakukan. Intinya sih apa yang kita dapatkan itu sesuai yang kita niatkan.  Jika amal yang dilakukan niat karena Allah Swt, Insya Allah akan mendapatkan pahala.

Saat saya membaca hadits itu saya jadi teringat kepada teman saya dan ibu saya. Teman saya saat SMA selalu memberikan nasihat untuk meluruskan niat. Menurutnya, *seingat saya*, jika kita mempunyai niat yang lurus untuk melakukan sesuatu, maka Allah akan membimbing kita dalam mencapai itu. Jika niatnya masih salah biasanya akan lebih sulit.

Kalau Ibu saya sih selalu menasihati saya saat saya malas melakukan sesuatu yang saya rencanakan sendiri. Beliau bilang kalau saya masih malas, berarti saya belum benar-benar berniat. Saya pun mencoba menguatkan niat saya kembali dan setelah mengulangi niat saya tersebut jadi saya terbayang tujuan yang akan saya capai dan menjadi lebih semangat.

Ya, untuk memulai tahun 2020 ini mari kita awali dengan niat yang baik dan juga niat yang kuat. Semoga semua impian kita semua tercapai. Aamiin

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s