Penerbangan Pertama

Selalu ada pertama kali dalam melakukan sesuatu. Kali ini saya mau menceritakan pengalaman saya pertama kali naik pesawat. Destinasi pertama yang saya kunjungi menggunakan pesawat adalah Padang, Sumatera Barat. Saat itu, saya dan teman saya, WR (tokoh di post Tamu Tak Diundang) diundang ke pernikahan teman dekat yang dilangsungkan di sana. Saya masih ingat tanggal tepatnya, 18 Agustus 2018, bertepatan dengan pembukaan Asian Games 2018.

Sombong sekali pamer buku padahal bacanya cuma sedikit, wkwk.

Walau jadwal penerbangan kami tanggal 18 Agustus pukul 10 pagi, kami sudah siap di bandara dari hari sebelumnya. Pengalaman pertama naik pesawat sekaligus pengalaman pertama menginap di bandara. Mungkin ada yang heran mengapa kami harus menginap padahal jadwal penerbangan yang tidak pagi-pagi amat. Kebetulan sekali pada tanggal 17 Agustus itu hari kemerdekaan Indonesia *tidak nyambung*. Maksud saya, pada tanggal itu teman dekat kami juga (yang pernah diceritakan di post sebelumnya, yang berulang tahun XD) berangkat ke Swedia untuk melanjutkan studi di sana selama dua tahun. Jadwal check in nya sekitar pukul 3 sore, jadi kami sudah ada di  bandara sehari sebelumnya untuk mengantarkannya. Saya masih ingat saat bertemu dengan teman kami di depan pintu check in terminal 3 itu kami membawa koper juga, tapi tidak sebanyak dia sih.

Tebak yang mana saya, mana WR, mana yang ulang tahun, wkwk.

Mengapa tidak pulang dulu saja?

Saya dan teman saya sepertinya cukup mager saat itu untuk bolak balik wkwk. Sekalian menghemat ongkos juga. Walau sebenarnya kalau dihitung-hitung lagi sih sama saja, karena harus makan di bandara. Kami lupa untuk mempersiapkan bekal terlebih dahulu.

Apa yang bisa dilakukan di bandara? Di mana tidurnya?

Saat itu karena besoknya pembukaan Asian games, bandara cukup ramai dan banyak semacam wahana. Wahananya itu semacam ada arena olahraga di tengah terminal 3. Ada untuk bermain badminton, sepak bola, dll yang saya lupa apa saja.. Saya dan WR bermain bulu tangkis. Selain itu, ada petugas wanita (sepertinya LO untuk atlet Asian Games) yang memakai sepatu roda untuk mempermudah mobilisasi. Saya kira memang seperti itu terus, saat saya ke bandara di kesempatan berikutnya tidak ada lagi petugas yang menggunakan sepatu roda.

Wahana Bulutangkis yang lumayan sempit yaaaa

Kami tidur di mushalla di terminal 3. Malamnya sangat dingiiiin sekali. Kami tidak membawa selimut, hanya memakai jaket untuk menghangatkan diri. Sepertinya ini yang menyebabkan hal yang tidak diinginkan yang akan terjadi saat saya ke Bukit Tinggi (Insya Allah akan saya ceritakan di post terpisah). Paginya kami mengitari bandara, ke terminal 1 dan ke terminal 2, sarapan hingga waktu check in tiba.

Karena baru pertama kali, saya tidak tahu bagaimana mekanisme check in. Apa saja yang harus diperhatikan, dkk. Saya hanya mengikuti teman saya yang sudah lebih senior. Ternyata kami terlalu pas-pasan waktunya, dan antrian check in sudah sangat panjang. Saat itu kami belum tahu kalau bisa check in online maksimal sejam sebelumnya. Jadi, walau kami sudah di bandara dari sehari sebelumnya, kami tetap hampir telat untuk boarding karena antrian yang panjang. Selain itu, saya pun dimarahi oleh orang asing yang mengantri di belakang saya. Saya tidak sengaja mundur dan menjatuhkan kopernya. Saat pemeriksaan barang setelah check in, powerbank saya disita karena melebihi kapasitas yang dibolehkan. Sungguh pengalaman pertama yang mengesankan, wkwk.

Baru tahu cara booking online saat di pesawat, wkwk.

Saya termasuk orang yang cukup khawatir dengan hal yang saya lakukan pertama kali. Saya membaca hal-hal yang bisa saja terjadi di pesawat. Saya jadi takut ada turbulensi. Banyak hal yang satya takuti dan kebetulan sekali saya mendapatkan posisi duduk yang jauh dari teman saya. Saya jadi tambah was-was. Saya mengalihkan pikiran negatif saya dengan menulis. Ya, saya bawa jurnal saya juga saat ke Padang, wkwk, tapi saya cuma menulis saat di pesawat saja untuk mengalihkan pikiran negatif wkwk. Alhamdulillah penerbangan pertama saya lancar dan selamat sampai tujuan.

Saya menghabiskan waktu selama 5 hari 4 malam di Padang dan Bukit Tinggi. Selama bersama WR, pasti ada saja pengalaman unik-unik bin ada-ada saja yang Insya Allah akan saya ceritakan di lain kesempatan.