Di Hari Idul Adha

Sama seperti hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha tahun ini saya jalani di kosan saja. Alasan utama saya tidak pulang ke rumah karena saya masih pemulihan operasi, sehingga saya merasa belum siap untuk pergi jauh (walau Bogor sebenarnya dekat). Alasan lainnya adalah saya merasa keadaan pandemi sekarang masih belum lebih baik dari saat Idul Fitri jadi saya merasa aneh kalau saya mudik sekarang dan orang tua pun memaklumi walau sebenarnya mungkin orang tua lebih mengharapkan saya pulang.

Walau begitu, hal yang patut disyukuri pada hari ini adalah saya merasa lebih sehat dibanding saat Idul Fitri. Malam Idul Fitri lalu dilalui dengan demam dan sakit kepala sehingga tidak bisa menikmati suara takbir. Malam Idul Adha ini saya bisa mendengarkan sampai malam sekali walau karena masjidnya tidak terlalu dekat jadi suaranya tidak sekeras saat di rumah atau rumah nenek. Selain itu, hari Idul Adha ini teman saya berkunjung ke kosan. Dia teman sekampus saya yang juga tidak mudik ke rumah. Rencana dadakan yang tercetus malam sebelumnya. Kami ingin hari ini dilalui lebih produktif, istilah dia sih “Ambi bareng”. Dalam realisasinya sih tidak terlalu ambisius hehe, tetap diselingi dengan cerita dan obrolan tentang kehidupan masing-masing. Oh iya, jangan khawatir ini Insya Allah tetap mengikuti protokol kesehatan.

Sebelum ada rencana “Ambi bareng” ini, saya sudah mempunyai rencana sendiri untuk menghabiskan tiga hari libur ini. Selain rencana membaca buku yang biasanya jadi wacana (saat menyortir buku minggu lalu kaget, ada beberapa buku yang belum dibaca dan ada satu buku yang bahkan lupa kalau punya 😩), saya juga ada daftar tontonan yang ingin saya tonton karena rekomendasi teman-teman.

Jadi, beberapa hari ini setelah show and tell (sesi sebelum jam kerja berakhir untuk menceritakan apa yang dikerjakan hari itu), teman teman satu divisi iOS ini selalu mendiskusikan mengenai anime dan manga. Ternyata, 11 dari 12 orang di divisi ini rutin mengikuti anime dan manga, dan saya sisanya. Pak kabag sampai heran dan bertanya apa yang saya lakukan di kosan untuk menghabiskan waktu agar tidak bosan wkwk. Saya jadi berpikir lagi, mungkin saya terlalu banyak membuka sosial media sepertinya dan lost in it.

Teman-teman sedivisi saya tersebut akhirnya merekomendasikan beberapa anime untuk ditonton pada liburan ini yang beberapa ada di Netflix. Saya baru menyadari kalau ternyata banyak anime di Netflix selain dari Studio Ghibli. Saya jadi ingat saat di lab di kampus dulu, situasinya sama seperti ini, teman-teman saya banyak yang mengikuti anime dan manga ini dan merekomendasikannya ke saya yang kurang update ini. Bedanya, rekomendasinya tersebut sudah ada dalam bentuk data di hard disk alias saya dulu rutin copy file dari teman saya itu. Setelah itu, pasti ditanya kesan setelah menonton dan mereka senang sekali kalau saya suka rekomendasinya. Tidak cuma anime sih, tapi serial Amerika dan Korea. Kalau sekarang, semua bisa ditonton secara legal dengan lebih mudah di online streaming service seperti Vidio dan Netflix (dan Alhamdulillah sekarang sudah memiliki penghasilan juga jadi masa masih copy file dari teman XD)

Hari ini Idul Adha diakhiri dengan video call bersama teman-teman sekampus dulu. Tetap menyenangkan walau sebenarnya kami sudah rutin video call wkwk, satu minggu minimal sekali, apalagi sama teman yang juga sekantor. Selalu ada bahan pembicaraan, walau tidak semuanya serius dan penting untuk ketertiban dunia. Silaturahim jarak jauh membuat pikiran tetap sane di hari-hari yang sedang sulit ini.

Selamat Idul Adha! Semoga kita semua diberikan kesehatan, sabar, dan selalu bersyukur. Dan satu lagi: Semoga pandemi ini segera berakhir. Aaamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s