September Mis(t)ery

Bagi Vina Panduwinata, bulan September adalah bulan yang membahagiakan. Berbanding terbalik dengan saya. Di bulan September ini saya seperti habis bertemu dementor dari kisah Harry Potter. Bagi yang tidak tahu, dementor menghisap segala kenangan kegembiraan dan kebahagiaan seseorang hingga tinggal segala kesedihan dan ketakutan yang tinggal di kepala. Kesedihan dan kekecewaan yang ditumpuk beberapa bulan ini seperti meledak di bulan September ini.

Suasana hati saya cepat sekali berubah Menangis sudah seperti rutinitas. Tidak percaya diri dan tidak bisa berpikir positif, atau berpikir sama sekali. Moodswing. Pelupa. Skip hal-hal penting. Puncaknya, saya cuti beberapa hari padahal tidak kemana-mana. Saya tidak bersosialisasi beberapa hari itu, tidak membuka media sosial ataupun membalas pesan yang masuk. Ibu penjaga kosan sampai bertanya kemana saja saya, padahal ya di kamar itu saja. Mungkin karena saya tidak terlihat ada di dapur lagi atau memang biasanya saya berisik kali ya, jadi aneh kalau tiba-tiba kosan sepi. Saya mencoba menenangkan diri alias banyak tidur. Biasanya segala rasa sedih atau kesal langsung hilang setiap bangun tidur. Ternyata tidak berhasil. Membaca Al-Quran membuat saya tenang, namun tetap menangis. Di saat bekerja pun tiba-tiba menangis. Saya pun memutuskan untuk menemui psikiater.

Sebelum ke psikiater saya sudah konsultasi ke psikolog secara daring. Mungkin karena tidak secara langsung jadi agak sulit menjelaskan masalahnya sehingga saran dari psikolog itu kurang manjur. Memang sih emosi tidak boleh ditahan, tetapi ini seperti tidak habis-habis. Saya tidak semangat melakukan hal-hal yang biasanya saya sukai. Saya berpikir sepertinya ada hal lain yang mengganggu dan saya akhirnya pergi ke psikiater untuk mencari tahu.

Published by

aisyahdz

iOS Engineer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s