Oktoberia

“Jika kita tidak menyibukkan diri kita dengan kebaikan maka kita akan disibukkan dengan keburukan”.

lupa pernah dengar dari mana

Bulan Oktober ini Alhamdulillah dijalani dengan lebih baik dibanding bulan sebelumnya. Saya memang mencoba berbagai banyak hal untuk mengusir mood swing yang datang pada bulan-bulan lalu. Saya menerapkan apa yang saya tulis di pos sebelumnya (September Mis(t)ery: Operasi Bukan Perjuangan Terakhir) dan juga mencoba mengisi jadwal dengan lebih banyak kegiatan.

Makan Benar

Bulan lalu pola makan saya tidak bagus. Kadang makan terlalu banyak, terkadang sedikit hingga malas makan. Bulan ini saya mencoba makan dengan lebih teratur. Sarapan, makan siang dan makan sore sebelum jam 7 malam. Lebih memilih apa yang dimakan, memakan yang tidak goitrogen. Saya juga mengurangi minum kopi cukup drastis pada bulan ini, namun tetap minum seminggu sekitar dua kali. Saya juga mulai minum Redoxon setiap hari bulan ini, agar cukup vitamin D, C, dan Zinc yang saya butuhkan. Saya beli dalam bentuk effervescent karena menurut pengalaman sebelumnya saya malas minum dalam bentuk tablet atau kapsul. Seru juga lihat vitaminnya bereaksi dalam air. Oh iya, kata teman saya sih Vit D pengaruh dengan mental health juga dan saat saya coba cari di Google, ada artikel yang mendukung itu: https://www.medicalnewstoday.com/articles/325823#vitamin-d.

Olahraga

Sebenarnya saya sudah sering bersepeda dari bulan-bulan lalu, namun biasanya hanya seminggu sekali. Saya akhirnya mencoba olahraga lari karena saya lihat olahraganya murah (tidak perlu alat apa-apa kecuali kalau mau sepatu mahal ya) dan beberapa teman saya terlihat kecanduan berlari XD. Saya sebelumnya sangat malas karena saya merasa saat zaman kuliah kayaknya susah banget bahkan sampai kunang-kunang. Padahal pas masih SD saya termasuk pelari cepat di sekolah, tapi memang dulu masih dipanggil kerempeng sih, wkwk.

Akhirnya saya paksakan dengan mengikuti salah satu lomba virtual run. Harga tiketnya lumayan juga, jadi kalau tidak selesai sayang sekali, karena tidak dapat medali. Awalnya memang saya mengejar medalinya wkwkwkwk. Tapi itu jadi awal saya menjadi semangat lari. Setelah lari mood jadi bagus, Alhamdulillah. Sekarang berlari jadi olahraga yang mau dirutinkan diselingi dengan sepeda dan power walking. Larinya masih campur jalan sih, tapi lama-lama saya kurangi durasi jalannya.

Ikut Komunitas dan Panitia Event

Teman saya menyarankan saya mengikuti kegiatan sukarela atau event agar saya ada kegiatan dengan banyak orang. Kebetulan sekali adik angkatan saya mengajak saya untuk mengikuti komunitas membaca buku tengah malam (jam 10-11 atau 12 malam). Konsepnya yaitu membaca buku bareng secara virtual melalui aplikasi Google Meet. Jadi kita buka kamera sambil membaca buku selama 1 jam dan kemudian diakhiri dengan sharing (bila ada yang mau menyampaikan).

Ada juga sesi diskusi mengenai buku, e.g budgeting dan notes taking. Sesinya ada 3 kali seminggu, jadi saya merasa terbantu sekali karena saya jadi punya waktu khusus dan juga teman untuk membaca buku. Saya juga bisa dapat ilmu-ilmu baru dari buku lain yang orang lain baca. Saya sih sebenarnya tidak kutu buku banget, malah waktu ini saya pakai untuk membaca buku teknikal XD (it’s ok kata ketua geng).

Selain ikut komunitas buku, saya juga mengikuti course suatu bahasa. Berbayar karena saya tahu saya kurang disiplin kalau belajar sendiri wkwk. Jadi ingat Udemy yang masih terbengkalai. Kalau yang ini karena diajari teman sendiri saya juga jadi tidak enak kalau tidak disiplin. Satu kelas ada beberapa orang, jadi saya bisa mengenal teman-teman baru juga dari sana.

Bulan ini kantor sedang ultah dan ada event virtual untuk merayakannya. Saat dibuka registrasi untuk menjadi panitia, saya coba ikut mendaftar. Padahal tahun-tahun sebelumnya kalau ada acara seperti ini saya kurang tertarik untuk menjadi panitia XD. Saya kebagian menjadi pembuat kuis dan operator virtual meeting. Kuisnya tentu saja kuis tebak gambar dong. Senang juga saat teman-teman kantor antusias untuk menebak. Teman-teman saya langsung tahu kalau saya yang buat wkwkk. Saya jadi ingat waktu kecil saya ingin sekali jadi Helmy Yahya karena kuis kuisnya seru-seru menurut saya.

Cuti dan Jalan-jalan

Sebenarnya kantor saya tidak ada cuti bersama di akhir bulan Oktober ini, jadi liburnya hanya di hari Kamis. Namun Mba Wid mengajak saya untuk berlibur menggunakan mobilnya, jadi saya ikut saja dan mengambil cuti selama satu setengah hari. Alhamdulillah bisa melihat pemandangan yang tidak bisa dilihat di Jakarta. Saya juga sempat mengunjungi kosan dan kontrakan lama. Tidak banyak yang berubah kecuali Asrama Bumi Ganesha yang kok tidak kelihatan lagi ya.

Published by

aisyahdz

iOS Engineer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s